Selasa, 06 Januari 2015

Manfaat Kumis Kucing Kesehatan Tubuh dan Resep Ramuan Alaminya

Kenali Manfaat kumis kucing bagi kesehatan tubuh sehingga anda tahu cara pengobatan alami dengan kumis kucing. namun sebelum membahas tentang manfaat kumis kucing bagi kesehatan tubuh, ada baiknya kita simak dulu seluk beluk kumis kucing.

Kumis kucing atau yang biasa di kenal dalam bahasa latinya dengan nama Orthosiphon aristatus, tumbuhan ini biasanya digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai tanaman hias. 

Tanaman ini termasuk kedalam jenis family Labiata atau Lamiaceae. Selain sebagai tanaman hias Kumis kucing juga sudah di kenal oleh masyarakat sebagai tanaman obat herbal yang sangat mujarab untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Jika ditinjau dari segi pengetahuan kimia, tumbuhan herbal ini kaya akan kandungan glikosida orthosiphonin, kandungan zat ini bermanfaat sebagai zat yang dapat melarutkan fosfor serta asam urat yang ada dalam tubuh kita, terutama pada bagian empedu serta kandung kemih, dan tentunya masih banyak lagi manfaat yang dapat kita peroleh dari tanaman obat yang satu ini.



Adapun manfaat dan cara-cara pembuatan ramuan alami dari kumis kucing adalah sebagai berikut:

Bermanfaat Sebagai obat Herbal Peluruh kencing

Cara pembuatan Obatnya: siapkan Daun kumis kucing yang masih segar sekitar 1/4 genggam, kemudian rebuslah daun dengan segelas air bersih. Biarkan mendidih hingga hanya tersisa 1/2 gelas saja. Lalu Angkat dan dinginkan air rebusan. Minumlah air rebusan dua kali dalam sehari, catatan: perminum hanya setengah gelas.

Kumis kucing Bermanfaat Sebagai Obat Herbal Kencing batu
Cara pembuatan Obatnya: Siapkan sekitar 90g daun kumis kucing dan bersihkan hingga benar-benar bersih, rebus daun kumis kucing dengan air 1 liter, dan biarkan air rebusan hanya tersisa kurang lebih 750 cc. angkat dan dinginkan, minum airrebusan tadi 3 kali sehari ( 750/3 kali minum), lakukan cara ini hingga penyakit anda sembuh.

kumis kucing  Bermanfaat untuk obat herbal Nyeri buang air seni
Cara pembuatan Obatnya: Siapkan sekitar sejumput daun kumis kucing, lalu keringkam di tengah terik matahari, sehingga seperti teh, seduh dengan gula aren.

Manfaat kumis kucing sebagai obat herbal Sakit pinggang
Cara pembuatan Obatnya: siapkan sekitar 7 helai daun kumis kucing kemudian siapkan juga akar kumis kucing. Lalu potong akar menjadi 2 bagian dan rebus kedalam segelas air. Diamkan semalam dan minum air rebusan.

Manfaat kumis kucing obat Herbal Masuk angin
Cara pembuatan Obatnya: siapakn sekitar satu sendok daun dari kumis kucing lalu rebuslah dengan menggunakan 1 gelas air, diamkan hingga ar rebusan tinggal setengah gelas saja. Minumlah air rebusa setelah dingin sekaligus.

Selain Untuk mengobati masalah pada system pengeluaran air kemih, kumis kucing juga bermanfaat untuk mengobati batu ginjal adapun cara pembuatannya:

Manfaat kumis kucing untuk obat batu ginjal
  • Siapkan sekitar 3 genggam daun kumis kucing.
  • Siapkan pula Daun keji beling sekitar 5 lembar
  • Cuci kedua bahan hingga bersih
  • Kemudian rebuslah daun daun tersebut dengan tambahan sedikit gula sampai benar-benar mendidih.
  • Minumlah air rebusan sekitar 10 harian, dengan takaran 2 kali sehari.
Demikianlah ulasan mengenai manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan tubuh kita semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Kumis Kucing Kesehatan Tubuh dan Resep Ramuan Alaminya