Senin, 27 Oktober 2014

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh - Brokoli merupakan salah satu sayuran sehat yang dikonsumsi sehari-hari oleh masayrakat kita. Selain digunakan untuk sayuran, brokoli juga menyimpan banyak sekali kandungan gizi yang berguna untuk tubuh dan kesehatan lo, manfaat ini bukan hanya diperuntukkan untuk orang dew4sa saja, namun bagi anak anak juga.

Brokoli sendiri memiliki sebutan nama latin Brassica oleracea L, sayuran ini tergolong dalam jenis suku Brassicaceae atau kubis. Asal mula Brokoli ditmukan di daerah Laut Tengah, namun masuk ke petani indonesi sekitar tahun 70-an.

Bagian sayur ini yang sering dikonsumsi adalah  bagian atas/ kepala bunganya, brokoli juga hampir memiliki cirri-ciri yang sama dengan kembang kol. Yang membedakan kembang kol dan brokoli adalah warnanya saja, jika brokoli hijau maka kembang kol putih.
Manfaat Brokoli
Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh
Nah sedangkan untuk manfaat brokoli untuk kesehatan sendiri adalah sebagai berikut:
Sayuran Pencegahan Penyakit Kanker
Kenapa bisa brokoli bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker??? Hal ini dikarenakan sayuran ini “Brokoli” terdapat kandungan glucoraphanin, dimana kandungan ini dapat membantu tubuh untuk memproses senyawa sulforaphane berubah menjadi senyawa anti kanker alami.

Dan yang selanjutnya, sayur brokoli juga mengandung senyawa indole 3 carbinol, apakah indole 3 carbinol?? yaitu sejenis senyawa yang bermanfaat untuk antioksidan alami  serta anti karsinogen yang  bermanfaat untuk meningkatkan kinerja fungsi hati.

Dapat Bermanfaat Untuk Mengurangi Alergi Serta Peradangan
Brokoli adalah sayuran yang memiliki sumber kandungan alami senyawa kaempferol serta senyawa isothiocyanates.  Kedua kandungan ini beramanfaat baik untuk anti inflamasi. 

Menurut beberapa penelitian, mereka menyebutkan bahwa kaempferol berguna baik dalam mengurangi rasa alergi  tubuh. kita. Tak hanya itu saja, brokoli bahkan juga mengandung asam lemak yaitu omega 3.

Sumber Antioksidan Alami
Dari semua jenis sayuran yang ada, sayur brokoli merupakan sumber Vitamin C yang paling terkonsentrasi seperti halnya buah jeruk, ditambah lagi flavonoid yang berguna untuk Vit C serta meresicle secara efektif.
Mencegah tubuh dari gangguan pencernaan,

Kenapa demikian?? Hal ini didasari oleh sayur brokoli yang banyak mengandung serat, seperti yang kita tahu sendiri bahwa serat adalah salah satu nutrisi yang baik untuk system pencernaan tubuh.

Anti Depresi Alami
Sayur brokoli banyak mengandung senyawa asam folat serta Vit B, kedua kandungan ini dipercaya mampu menghindarkan diri dari tekanan depresi.
Mengontrol tekanan darah dalam tubuh,
Adanya kandungan potasium yang ada pada brokoli ternyata bermanfaat baik untuk menjaga sistem saraf, dan menstabilkan kinerja tekanan darah dalam tubuh.

Dapat menjaga Kesehatan tulang,
kandungan vitamin K serta adanya kandungan Kalsiun pada sayur ini, bermanfaat baik untuk membantu tubuh dalam mencegah penyakit osteoporosis dan tentunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Menyehatkan kulit tubuh,
Kandungan glucoraphanin yang terdapat dalam sayur brokoli ternyata juga bisa bermanfaat membantu kulit agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan kulit yang diakibatkan sinar matahari.

Mencegah anemia,
Bagi anda yang kekurangan darah, jenis sayur ini cocok untuk membantu menaikan darah.

Read: 
  1. 4 Makanan Penambah Darah
  2. sumber makanan yang mengandung protein tinggi
Banyak bukan manfaat brokoli, selamat mengkonsumsi semoga anda tambah sehat dan berumur panjang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh